Pengertian dan struktur dasar HTML

Ifan Irfansyah 0 min read
struktur dasar html


Pengertian dan struktur dasar HTML

HTML? Mungkin sobat udah gak asing lagi sama kata itu, karena setiap hari selalu bermain dengan Tag-tagnya. Atau ada yang baru mendengar dan ingin sekali mempelajarinya?


Nah di postingan kali ini akan saya share apa sih HTML itu? dan bagaimana strukturnya?


HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yaitu bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser).


Berikut ini adalah struktur dasar html yang paling sederhana.

<html>
<head>
<title>Judul halaman</title>
</head>
<body>

Ini adalah struktur dasar html

</body>
</html>

Dokumen HTML mirip dengan dokumen tulisan biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah tulisan bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu. Sebagai contoh jika ingin membuat tulisan ditampilkan menjadi tebal seperti: TULISAN TEBAL, maka penulisannya dilakukan dengan cara: <b> TULISAN TEBAL </b> . Tanda <b> digunakan untuk mengaktifkan instruksi cetak tebal, diikuti oleh tulisan yang ingin ditebalkan, dan diakhiri dengan tanda </b> untuk menonaktifkan cetak tebal tersebut. Dokumen HTML memiliki format file .html

HTML lebih menekankan pada penggambaran komponen-komponen struktur dan format di dalam halaman web daripada menentukan penampilannya. Sedangkan penjelajah web digunakan untuk menginterpretasikan susunan halaman ke gaya built-in penjelajah web dengan menggunakan jenis tulisan, tab, warna, garis, dan perataan text yang dikehendaki ke komputer yang menampilkan halaman web.

1 komentar