8 Manfaat buah salak bagi kesehatan

Ifan Irfansyah 1 min read
Dalam bahasa Inggris salak disebut snake fruit, sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular.

Salak termasuk palma berbentuk perdu atau hampir tidak berbatang, berduri banyak, melata dan beranak banyak, tumbuh menjadi rumpun yang rapat dan kuat. Batang menjalar di bawah atau di atas tanah, membentuk rimpang, sering bercabang, diameter 10-15 cm.



manfaat buah salak


Kandungan Buah Salak

Kandungan gizi dari buah salak adalah adanya kalori, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B, dan air. Kebutuhan gizi yang banyak dibutuhkan oleh tubuh tersebut juga bisa mengurangi pegal-pegal pada tubuh setelah seharian beraktivitas.

Di dalam satu buah salak terdapat kalsium 28 mg, fosfor 18 mg, dan zat besi 4,2 mcg. Dari kandungan-kandungan yang ada, maka salak sangat berperan sebagai sumber penyedia serat dan mineral di dalam tubuh. Karena itu, tak salah bila mengonsumsi buah salak bisa membantu program diet.


Berikut ini telah saya rangkum beberapa manfaat buah salak bagi kesehatan.


1. Kesehatan otak.
Buah ini sangat baik untuk meningkatkan daya ingat otak karena kandungan kalium dan pektin di dalamnya. Jadi buah ini sangat baik di konsumsi terutama yang masih pelajar, agar bisa menyerap pelajaran dengan baik di sekolah.


2. Membantu melawan lemak tubuh.
Buah ini sangat baik bagi mereka yang sedang diet untuk mengurangi berat badannya. Kandungan serat alami mampu melawan lemak-lemak jahat dalam tubuh.


3. Bagus untuk kesehatan mata.
Selain pepaya dan wortel, ternyata buah salak ini juga bagus untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan beta karotennya mampu memberikan nutrisi bagi mata.


4. Mengatasi diare.
Bagi mereka yang sering terkena diare. Buah ini bisa dijadikan alternative obat diare selain daun jambu biji. Selain itu, buah ini juga mengandung zat anti diare.


5. Mengatasi penuaan dini.
Dengan kandungan vitamin yang ada di dalam buah salak, sel-sel kulit mati bisa cepat diganti dengan sel-sel baru. Sehingga kulit kembali terlihat sehat dan segar.


6. Mengatasi mual.
Bagi ibu yang baru mengandung atau bisa disebut ngidam, biasanya frekuensi perasaan mualnya semakin bertambah. Rasa kelat yang di hasilkan buah ini mampu meredam rasa mual yang terus di rasakan.


7. Mengatasi rabun pada mata.
Bagi mereka yang menderita rabun pada mata, buah ini mampu mengurangi dan bahkan menyembuhkan penyakit tersebut. Ini di karenakan kandungan vitamin A yang tinggi pada buah salak.


8. Mencegah kanker.
Jika selama ini kita mengonsumsi buah salak dengan membuang kulit arinya terlebih dahulu, maka jangan lakukan lagi. Kulit ari pada salak mampu untuk mencegah sel-
sel kanker untuk hidup dalam tubuh.


Itulah beberapa manfaat mengagumkan dari buah salak. Semoga bermanfaat.

3 komentar