Inilah 19 Manfaat daun kemangi untuk kesehatan

Ifan Irfansyah 3 min read
Daun kemangi banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai menu lalapan yang wajib ada. Sesuai dengan namanya, daun kemangi apabila disandingkan dengan lalapan lain tercium lebih wangi. Daunnya kecil-kecil dan hampir mirip dengan seledri, namun banyak juga yang tidak menyukai daun kemangi karena rasanya yang getir.

manfaat daun kemangi

Kandungan gizi daun kemangi
Anggota dari keluarga daun mint ini telah digunakan sebagai tanaman obat. Ekstrak minyak daun kemangi dikatakan memiliki sifat antioksidan dan antibakteri. Vitamin K – Harum kemangi yang segar, menawarkan dosis yang sehat dari pembekuan darah dengan adanya vitamin K. Setiap 2 sendok makan kemangi cincang segar menyediakan 27% dari rekomendasi vitamin K, serta vitamin A, mangan, dan magnesium.

Selain itu, vitamin K jaga dapat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti pada manfaat bayam, kubis, kembang kol, dan kangkung. Tetapi bicarakan dengan dokter, jika sedang mengkonsumsi obat pengencer darah seperti warfarin, terkait dengan banyaknya vitain K ini.

Berikut ini saya rangkum beberapa khasiat daun kemangi yang sangat mengagumkan.

1. Mencegah penuaan dini
Ramuan dari daun kemangi cukup ampuh untuk menangkal radikal bebas karena mengandung tinggi beta -karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein dan zea - xanthin . Senyawa tersbut memiliki manfaat untuk melindungi tubuh kita terhadap radikal bebas dari oksigen yang berperan mempercepat proses penuaan dan berbagai penyakit.

2. Mengobati Demam
Daun kemangi kaya akan fitonutrien dan minyak penyembuhan, yang membuat daun kemangi sangat efektif dalam menyembuhkan demam malaria dan demam berdarah. Rebus Daun kemangi yang sudah dihaluskan dan ditambah dengan teh. Untuk demam yang tinggi bisa juga dengan menggunakan rebusan daun kemangi, gula, dan susu yang dicampur dengan bubuk kapulaga dan ditambahkan dengan sekitar ½ liter air kemudian ramuan tersebut diminum untuk menurunkan demam.

3. Mengobati batuk dan pilek
Daun kemangi bermanfaat untuk menyembuhkan batuk dan juga pilek dengan cara menjadikannya sebagai lalapan atau membuatnya sebagai teh. Selain itu Daun kemangi digunakan sebagai bahan dalam obat batuk dan ekspektoran dan membantu untuk memobilisasi lendir di bronkitis dan asma.

4. Membantu mengatasi stres dan mempertajam Pikiran
Menggunakan 12 daun kemangi sebagai lalapan dipercaya mampu membantu anda mencegah stres sekaligus mempertajam pikiran anda, hal tersebut dikarenakan Daun kemangi dianggap sebagai 'adaptoge ' atau agen anti - stres.

5. Sebagai Anti septik Alami
Daun kemangi memiliki sifat penyembuhan yang sangat baik terhadap luka dan infeksi, daun kemangi bermanfaat untuk memperkuat lambung dan memperlancar keringat berlebihan. Daun kemangi juga efektif dalam menghilangkan dahak dari tabung bronkial. Karena kandungan antiseptiknya tersebut daun kemangi memiliki manfaat untuk pengobatan bisul, luka, campak, dan cacar air.

6. Sumber mineral
Daun kemangi mengandung berbagai macam mineral seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalium dalam daun kemangi memiliki manfaat untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah sedangkan Mangan digunakan oleh tubuh sebagai antioksidan, superoksida dismutase. Sealin itu Daun kemangi juga merupakan sumber zat besi, dalam 100 g menyediakan sekitar 3,17 mg jumlah tersebut sudah memenuhi sekitar 26 persen kebutuhan zat besi harian anda.

7. Menjaga kesehatan pencernaan
Daun kemangi diyakini memiliki efek menenangkan pada perut, mengkonsumsi 1/2 sendok teh kering atau daun kemangi segar dapat membantu anda mendapatkan pencernaan yang sehat. Jadi anda bisa menggunakan daun kemangi sebagai salah satu ramuan sehat yang bisa anda dapatkan dengan mudah seklaigus mendapatkan manfaat yang luarbiasa darinya.

8. Sengatan atau gigitan serangga
Daun kemangi bisa anda gunakan sebagai obat alami untuk mengobati gigitan atau sengatan serangga dengan cara melumatkannya dengan mengunyah kemudian menempelkan ke bagian yang terkena gigitan atau sengatan serangga tersebut, cara tersebut dapat menarik keluar racun.

9. Membantu mengobati sakit kepala
Cara penggunaannya: Siapkan satu sendok makan daun kemangi kering, 2 cangkir air mendidih dalam panci besar. Kemudian tutup kepala dengan handuk dan hirup uap selama 5-10 menit sampai sakit kepala mulai mereda.

10. Menstabilkan Gula darah
Manfaat daun kemangi memang sangat banyak sekali untukkesehatan selain dapat mengobati sakit kepala daun kemangi juga telah terbukti dapat membantu kestabilan gula darah jika dikonsumsi secara teratur sebagai teh ataupun lalapan.

11. Sumber vitamin K
Dengan anda Mengkonsumsi daun kemangi dapat meningkatkan asupan vitamin K. Vitamin K diperlukan dalam tubuh untuk mengaktifkan protein yang diperlukan untuk pertumbuhan jaringan sehat - termasuk tulang rawan perut dan jaringan paru-paru. Satu porsi daun kemangi segar mengandung 44 mikrogram vitamin K kira-kira sepertiga kebutuhan Vitamin K harian anda (pria dan satu-setengah dari asupan harian bagi perempuan).

12. Menjaga kesehatan gigi dan mulut
Keringkan daun kemangi di bawah sinar matahari kemudian lembutkan hingga menjadi bubuk kemudian gunakan sebagai pasta gigi. Ramuan dari daun kemangi tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi, menangkal bau mulut dan memberikan rileksasi kepada gusi.

13. Gangguan mata
Jus daun kemangi merupakan obat yang efektif untuk sakit mata dan gangguan penglihatan pada malam hari, yang umumnya disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Cara penggunaannya adalah Teteskan jus daun kemangi hitam ke dalam mata setiap hari pada waktu tidur dan insya Allah anda akan mendapatkan mata yang sehat.

14. Sakit Tenggorokan
Gunakan daun kemangi sebagai teh untuk diminum atau bisa juga digunakan sebagai obat kumur untuk membantu mengobati sakit tenggorokan.

15. Infeksi Mulut
Untuk mengobati infeksi pada mulut anda cukup dengan cara mengunyah daun kemangi segar selama beberapa menit.

16. Membantu merawat rambut anda
Gunakan Daun kemangi sebagai kondisioner alami yang dapat membantu dalam meremajakan rambut dengan merangsang folikel rambut .

17. Mencegah penyakit jantung
Ramuan dari Daun kemangi memiliki manfaat untuk membantu mencegah penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan daun kemangi dapat menurunkan kadar kolesterol darah.

18. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Mengkonsumsi daun kemangi segar secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Studi menunjukkan bahwa berbagai senyawa kimia dalam daun kemangi dapat meningkatkan produksi antibodi dalam tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi hingga 20 persen.

19. Mencegah timbulnya jerawat
Ternyata tidak berhenti sampai di situ saja manfaat daun kemangi, daun kemangi diketahui dapat mengatasi jerawat juga mempercepat proses penyembuhan jerawat. Minyak daun kemangi segar juga dapat membantu penyumbatan pori-pori, yang merupakan penyebab utama jerawat.
1 komentar