Manfaat takokak yang luar biasa

Ifan Irfansyah 1 min read


Kali ini Aku akan membahas tentang tanaman liar, yang tidak banyak dilirik oleh kebanyakan orang, yaitu takokak. Tanaman yang bentuknya mirip terong ini mempunyai rasa yang lumayan pahit, tapi enak loh kalo udah dimasak.


Buah takokak biasa dibuat peluru tembakan oleh anak-anak dikampung. Aku juga dulu sering tuh main pake buah takokak ini.

Takokak termasuk keluarga terung-terungan, karena itu disebagian daerah disebut dengan terung pipit, kalo di internasional takokak disebut dengan Turkey berry.

Dari segi kesehatan, takokak ini punya banyak banget khasiatnya loh, karena takokak mengandung cukup banyak solasonin, vitamin A, torvogenin, sisalogenone, dan juga chlorogenin. Yang paling menonjol dari semua kandungan tersebut adalah vitamin A yang sangat baik buat mata.

Mungkin sobat juga mau baca Inilah 19 manfaat buah kemangi untuk kesehatan

Berikut ini Aku rangkum manfaat luar biasa dari tumbuhan takokak.

1. Obat bisul dan koreng

Buah takokak bisa nyembuhin bisul loh. Tanaman ini akan meredakan peradangan yang ditimbulkan akibat bisul. Kandungan buah ini akan mengempiskan bisul yang bengkak pada kulit sobat. Caranya ambil 3 helai daun takokak, lalu tumbuk dan oleskan pada bagian tubuh yang bisul, rutin 3x sehari ya.

2. Mengatasi radang payudara

Banyak-banyaklah sobat mengonsumsi takokak ini, supaya tidak keserang sama radang payudara

3.Obat wasir

Nah, jika sobat wasir, banyak banyakin minum air rebusan takokak ya! karena senyawa yang ada di takokak ini bisa loh buat nyembuhin wasir.

4. Mengatasi asam urat

Asam urat juga bisa diatasi dengan takokak, karena banyak gizi yang terkandung dalam tanaman ini.

5. Meredakan flu

Kalo sobat sedang flu, minumlah air rebusan daun ini, minumnya saat masih hangat ya.

6. Menenangkan jantung yang berdebar

Tanaman takokak bisa menenangkan jantung sobat yang berdebar kencang agar lebih stabil, jadi peredaran darah juga stabil.

7. Mengobati keracunan makanan

Takokak juga bisa menetralkan racun yang ada dalam makanan tertentu. Yaitu dengan merebus daun dewa dan buan takokak kedalam 600 ml air, lalu minum secara rutin.

Gak hanya itu, masih ada banyak manfaat lainnya dari buah takokak, seperti:

8. Melancarkan peredaran darah.

9. Obat Liver.

10. Mengatasi tulang keropos.

11. Meredakan sakit pinggang.


Tuh kan banyak banget manfaat dari buah takokak ini. Jadi sobat harus rajin mengonsumsinya. Tapi, kalo sobat punya riwayat penyakit glukosa, sebaiknya agak dikurangin ya.

Yang pasti, kita akan mendapatkan manfaatnya kalo kita seimbang mengonsumsinya, tidak kurang tidak lebih, iya kan?














Posting Komentar